Enam Tim Penelitian Prodi Pendidikan Fisika UAD Lolos Pendanaan Penelitian 2024
Yogyakarta, 1 Juni 2024 – Sebanyak enam tim penelitian dari Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih pendanaan dalam Program Penelitian Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Pencapaian ini menunjukkan kualitas dan komitmen UAD dalam bidang penelitian. Prodi Pendidikan Fisika UAD telah membuktikan kemampuannya untuk bersaing dan memberikan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia. Dana yang diperoleh digunakan untuk mendukung berbagai proyek penelitian yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pendidikan.
Ketua Prodi Pendidikan Fisika UAD, Eko Nursulistiyo, M.Pd., menyampaikan apresiasinya terhadap capaian para peneliti. “Keberhasilan ini tidak lepas dari dedikasi dan usaha yang luar biasa dari para dosen dan mahasiswa yang terlibat. Kami akan terus mendukung dan mendorong penelitian-penelitian yang inovatif dan aplikatif.”
Program pendanaan dari DRTPM ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas penelitian di perguruan tinggi dan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan adanya dukungan pendanaan ini, diharapkan penelitian-penelitian yang dilakukan dapat menghasilkan temuan-temuan yang signifikan dan aplikatif.
Berikut adalah daftar enam tim penelitian dari Prodi Pendidikan Fisika UAD yang lolos pendanaan:
- Strategi Penggabungan Modul Ajar dan Asesmen Formatif Berbasis PJBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis
- Literasi Numerik, Kemampuan Verbal, Minat Belajar, dan Kemampuan Regulasi Diri sebagai Prediktor Hasil Belajar di Tingkat Sekolah Menengah Atas
- Pengaruh Video Based Learning pada Pengembangan Keterampilan Proses: Analisis terhadap Peran Motivasi dan Pengetahuan Awal
- Pengembangan Remote Physics Laboratory (R-PhyLab) untuk Mendukung Pendidikan Inklusif: Menuju Pemerataan Akses Laboratorium di Daerah Afirmatif
- Pengaruh Tebal Lapisan Resin Nitroselulosa pada Kepekaan Sensor Suhu Lapisan Tipis Cu/Ni
- Pengembangan Personal Diagnostik Miskonsepsi Jenis Four-Tier Berbasis Android Terintegrasi Multimedia sebagai Upaya untuk Mendukung Independent Learning
Dengan berbagai penelitian yang dilaksanakan, UAD diharapkan dapat terus memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu menjawab tantangan dan kebutuhan masyarakat. Keberhasilan ini juga diharapkan dapat memotivasi peneliti lainnya untuk terus berkarya dan berinovasi demi kemajuan bangsa.
Universitas Ahmad Dahlan merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terkemuka di Yogyakarta yang dikenal dengan komitmennya terhadap pendidikan berkualitas dan pengembangan riset. UAD terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian melalui berbagai program dan kerjasama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri.