Maret 2022, Pendidikan Fisika UAD Siap Melaksanakan Kuliah Tatap Muka

Menindaklanjuti Surat Edaran Nomor R.2/1/D/I/22 perihal Pedoman Pembelajaran Tatap Muka Semester Genap tahun akademik 2021/2022, Prodi Pendidikan Fisika siap melaksanakan kuliah tatap muka yang sebelumnya telah dilakukan Simulasi Perkuliahan Blended Learning pada tanggal 24 Januari 2022 lalu.
Dalam kuliah tatap muka atau kuliah offline mendatang akan diikuti oleh seluruh mahasiswa Pendidikan Fisika. Kuliah offline diprioritaskan bagi mahasiswa Angkatan 2019, 2020, 2021, dan mahasiswa yang membutuhkan praktikum, penelitian, pengabdian masyarakat, dan penyelesaian tugas akhir.
“Pendidikan Fisika siap menyelenggarakan kuliah tatap muka 100%. Sistem ini akan mulai diimplementasikan mulai semester genap tahun akademik 2021/2022 atau sekitar Maret 2022, dan dapat dilanjutkan pada semester berikutnya sesuai dengan kondisi dan kebutuhan” terang Ketua Program Studi Pendidikan Fisika, Eko Nursulistiyo, Senin (14/02/2022).
Eko mengatakan kebijakan kuliah tatap muka ini muncul berdasarkan hasil pengamatan dalam satu tahun perkuliahan daring pada dosen dan mahasiswa di Pendidikan Fisika. Diperoleh hasil bahwa 80% dosen membutuhkan pembelajaran secara tatap muka karena materi pada perkuliahan fisika lebih banyak ke penerapan/praktikum secara langsung.
Eko juga menegaskan bahwa dalam pelaksanaan kuliah tatap muka nantinya program studi akan tetap mengedepankan aspek kesehatan dan keselamatan sebagai prioritas utama. Penyelenggaraan kuliah tatap muka dilaksanakan dengan mengutamakan keselamatan sivitas akademika Pendidikan Fisika baik mahasiswa, dosen, maupun tenaga kependidikan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.
Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi antara lain telah mendapatkan izin mengikuti kuliah tatap muka dari orang tua mahasiswa, kondisi sehat dapat dikuatkan dengan surat keterangan sehat dari unit Kesehatan Puskesmas atau rumah sakit, dan telah mendapatkan vaksinasi Covid-19. (*tal)