Rihmah Raih Juara Satu Kompetisi Antar Mahasiswa Baru

Menggambar sudah menjadi hobinya sejak kecil. Prestasi sebagai juara satu pada cabang lomba Kaligrafi Kontemporer di Kompetisi antar Mahasiswa Baru Tingkat Nasional, baru-baru ini disandang olehnya. Dialah Rihmah Alifah Hidayah, mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, putri dari pasangan Bapak Ayat Nur Wahid dan Ibu Umi Setiani. Melukis kaligrafi dengan tajuk “Senja” dengan lafadz “Bismillah”, mengantarnya mendapatkan juara tersebut. Lebih lanjut dia mengungkapkan, arti lafadz yang digunakan dalam lukisan, bahwa senja merupakan keadaan dimana bumi mulai setengah gelap yang berarti kesedihan karena akan berpisah namun menampilkan warna yang indah dengan melambangkan kebahagiaan, sedangkan lafadz bismillah mengungkapkan arti bahwa apapun aktivitas yang kita lakukan baik itu akan atau sedang dilakukan hendaknya diawali dengan bismillah agar menjadi berkah.
“Dalam bentuk lukisan dengan menggunakan kanvas ukuran 60×80 cm. Untuk proses pembuatannya, yang pertama memilih konsep gambar dasar pemandangan laut dan khot tulisan bismillah dalam kertas HVS sebagai gambaran sebelum di lukis dalam kanvas. Setelah itu, saya mulai melukisnya menggunakan pensil biasa (untuk pemandangan) dan pensil khusus khot. Setelah tulisannya dirasa sudah sesuai, saya melanjutkan memberikan cat warna yang cocok dengan gambar tersebut,” jelasnya saat diwawancara.
Dia melanjutkan, tidak ada kesulitan yang signifikan saat perlombaan berlangsung, hanya saja dia sedikit kesulitan untuk menggabungkan warna senjanya karena menjadi warna dasar. Perempuan asal Kebumen, Jawa Tengah itu berharap, semoga dia bisa tetap semangat dalam berkarya dan bisa lebih baik lagi dalam mencoba hal-hal yang baru. (*tal)