Mahasiswa Pendidikan Fisika Raih Gold Medal di Ajang AISEEF 2022

Tim mahasiswa UAD yang terdiri dari Trisna Avi Listyaningrum (Pendidikan Fisika Fisika), Panji Nur Fitri Yanto (Bimbingan dan Konseling), Dedek Ajeng Okta Triyana (Pendidikan Bahasa Inggris), dan Siti Nur Amelia (Pendidikan Bahasa Inggris), memperoleh Gold Medal di ajang ASEAN Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair (AISEEF) 2022.
Dalam ajang ilmiah yang berskala internasional ini, Tim UAD memilih kategori Environmental Science dengan judul karya COSIWA Innovation of Liquid Organic Fertilizer as an Effort to Support SDGs 2045 in Pacitan Regency. Inovasi ini berupa pupuk organik cair hasil kombinasi dari limbah hasil cucian udang, bakteri anaerob dan kotoran kambing. Kandungan nitrogen pada udang sebesar 7 persen dan bersifat mudah larut dalam air, hal ini menjadikan limbah cair hasil pencucian udang juga kaya akan nitrogen. Selain memiliki kandungan nitrogen, udang juga memiliki kandungan fosfor, kalium, serta senyawa kitin dan kitosan yang sangat bermanfaat untuk tanah dan pertumbuhan tanaman.
Dipilihnya kotoran hewan dalam hal ini adalah kotoran kambing karena memiliki kandungan Nitrogen, Fosfor, Kalium dan air. Hal ini menjadikan Cosiwa sebagai pupuk organik cair berkualitas tinggi dan ramah lingkungan yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian tanpa perlu mengeluarkan biaya besar, dapat mengatasi penurunan kesuburan tanah dan tentunya dapat membantu pemerintah dalam gerakan Sustainable Development Goals (SDG’s) 2045.
Kegiatan penelitian ini dilakukan di Kabupaten Pacitan, sebuah kabupaten di timur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. “Pacitan memiliki potensi ekonomi di sektor perikanan dan pertanian, namun belum dimanfaatkan secara optimal. Dengan memanfaatkan limbah di sektor perikanan harapannya dapat meningkatkan produksi pertanian,” pungkas Trisna selaku ketua tim. (*tal)