Himpunan mahasiswa miliki kepengurusan baru

“HMPS dan Program Studi adalah partner. HMPS diharapkan dapat menjadi wadah dari ide dan pikiran yang kreatif dari mahasiswa.” Setidaknya itulah yang disampaikan oleh Bapak Eko Nursulistiyo selaku Ketua Program Studi Pendidikan Fisika pada acara pelantikan HMPS Pendidikan Fisika masa bakti 2018/2019. HMPS yang merupakan akronim dari Himpunan Mahasiswa Program Studi, yang merupakan organisasi otonom di bawah program studi, diharapkan mampu menjadi perpanjangan tangan program studi dalam pelaksanaan kebijakan yang berkaitan dengan mahasiswa.

Pada kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2019 ini, tidak hanya diselenggarakan pelantikan saja, namun juga diadakan penyamaan persepsi antara pengurus dengan program studi. Dalam acara ini juga disampaikan materi tentang analisis SWOT (Strenghs, Weaknessess, Opportunities, Threats) untuk penyusunan program kerja dan kegiatan-kegiatan selama satu tahun masa bakti. Hadir sebagai nara sumber utama adalah Ibu Ariati Dina Puspitasari yang merupakan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah, yang juga merupakan dosen Prodi Pendidikan Fisika, yang merupakan pembina HMPS Pendidikan Fisika. Selain menyampaikan analisis SWOT beliau juga menjelaskan tentang cara menyusus sebuah program kerja dengan metode SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Timely). “Program kerja itu harus spesifik, jelas tujuannya, mudah untuk diukur, memungkinkan untuk dicapai, realistis untuk dilaksanakan, dan waktunya memungkinkan untuk melaksanakannya”, imbuhnya sembari memimpin FDG antar pengurus HMPS untuk merumuskan analisis SWOT tiap divisi.

Ada beberapa hal yang menarik dalam pelantikan kepengurusan baru HMPS, yang biasanya pengurus dilantik oleh ketua dan wakil ketua, kini dilantik langsung oleh kaprodi. Yang biasanya dilaksanakan di kampus, kini diselenggarakan di rumah makan dengan paket meeting-nya. Yang biasanya digabung dengan acara raker, kini dipisah dengan tambahan materi. Hal ini karena adanya semangat perubahan yang diusung program studi di tahun 2019 ini, mahasiswa melalui HMPS harus berbenah dari sisi organisasi, sehingga diharapkan program kerja HMPS bisa sejalan dengan program kerja program studi, dan mendukung perkembangan program studi.

“Saya berharap kepengurusan HMPS yang baru ini, kita bisa menjadikan HMPS sebagai wadah untuk menampung minat dan bakat mahasiswa Pendidikan Fisika. Untuk itu saya mohon kerjasama teman-teman di kepengurusan yang baru ini, mohon untuk ditingkatkan lagi soldaritas dan rasa kekeluargaannya.” Harap Alim Mustofa sebagai ketua HMPS masa bakti 2018/2019. (*Noeng)