Laboratorium

Laboratorium merupakan sarana penunjang mutu akademik suatu program studi. Laboratorium tidak hanya sebatas pada tempat praktikum mahasiswa saja, namun bisa menjadi tempat pengembangan keilmuan, penelitian, pelatihan, bahkan sebagai tempat diseminasi hasil penelitian kepada masyarakat.

Laboratorium Teknologi Pembelajaran Sains (LTPS)

Merupakan laboratorium unggulan program studi yang sudah ada sejak tahun 2004. LTPS didirikan dalam rangka menjawab kemajuan teknologi yang kian pesat untuk dapat diimplementasikan dalam pembelajaran fisika di kelas. Di laboratorium ini dikembangkan berbagai jenis eksperimen, antara lain Virtual Based Laboratory, Mobile based Laboratory, Video Based Laboratory, dan sebagainya. Laboratorium ini didukung dengan peralatan yang modern dan canggih berbasis micro computer. Kunjungi laman LTPS di http://ltps.uad.ac.id.

Remote Physics Laboratory (R-PhyLab)

Merupakan laboratorium berbasis remot yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Sampai saat ini R-PhyLab masih dalam tahap pengembangan. R-PhyLab hadir sebagai jawaban atas kesenjangan peralatan eksperimen antara sekolah yang satu dengan sekolah yang lainnya. Harapannya, sekolah-sekolah yang sudah bekerjasama dengan program studi dapat mengakses perangkat yang ada di R-PhyLab dari sekolah masing-masing, tanpa harus membelinya.

Mini Studio Pembelajaran Fisika

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika tidak hanya mahir dalam konsep pembelajaran fisika, namun juga mengenal dunia broadcasting. Di studio ini mahasiswa bebas berkreasi di depan kamera untuk produksi video pembelajaran fisika yang kekinian. Studio ini dilengkapi dengan ruang green screen, ruang recording, ruang kontrol, ruang editing, serta peralatan videografi yang lengkap, modern, dan mutakhir. Harapannya mahasiswa bisa unggul dalam teknologi pembelajaran fisika khususwa dari segi audio video.

Laboratorium Fisika Sekolah

Fokus dari laboratorium fisika sekolah adalah membekali mahasiswa keterampilan penggunaan alat ukur fisika dan penggunaan alat praktikum fisika khususnya yang ada di sekolah. Laboratorium ini dilengkapi dengan alat-alat praktikum fisika yang diajarkan di sekolah. Sehingga lulusan Program Studi pendidikan Fisika sudah tidak canggung lagi saat terjun ke sekolah, mahasiswa sudah terbiasa dengan set perlengkapan praktikum fisika yang ada. Bahkan di laboratorium ini juga tersedia ruang workshop yang memugkinkan mahasiswa mengembangkan sendiri set peralatan praktikum fisika.

Smart Physics Classroom

Laboratorium yang satu ini sampai saat ini masing dalam tahap pengembangan. Smart Physics Classroom menyuguhkan pengealaman belajar fisika menggunakan ruangan yang canggih, dengan papan tulis digital dan teknologi terkini. Ruang ini juga memungkinkan untuk melakukan telekonferensi dengan berbagai narasumber dari belahan dunia.