Kelompok Studi

Selain himpunan mahasiswa, program studi juga menyediakan beberapa kelompok studi yang bisa mewadahi minat dan bakat dari para mahasiswa. Semua kegiatan di masing-masing kelompok studi terkoordinasi dengan himpunan mahasiswa melalui divisi yang ada. Kelompok studi ini aktif menyelenggarakan kegiatan berupa diskusi, seminar, dan pertemuan-pertemuan ilmiah lainnya. Program studi menyediakan pendanaan yang cukup untuk penyelenggaraan kegiatan di tiap kelompok studi.

1. Andromeda: Antariksan dan Astronomi Universitas Ahmad Dahlan

Andromeda merupakan kelompok studi di bidang astronomi dan ilmu falak. Kegiatan utamanya adalah pengamatan benda-benda langit seperti bulan, matahari, bintang, dll. Di bawah bimbingan PASTRON (Pusat Studi Astronomi), kelompok studi ini rutin menyelenggarakan kegiatan pengamatan untuk masyarakat. Satu diantaranya adalah tergabung dalam tim nasional pengamatan Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 silam di bawah koordinasi LAPAN.

Laman: andromeda.pfis.uad.ac.id/
Sosial media: @andromeda_uad

2. CUEPE: Community of English in Physics Education

Seperti namanya, kelompok studi ini bergerak pada pengembangan kemampuan mahasiswa dalam berbahasa inggris baik aktif maupun pasif. Tuntutan penguasaan bahasa asing pada zaman yang seperti sekarang ini, membuat eksistensi kelompok studi ini tidak boleh redup. CUEPE rutin menyelenggarakan kegiatan berupa pelatihan TOEFL, hunting turis ke beberapa tempat wisata, pelatihan penulisan karya ilmiah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Kelompok Studi Robotika

Kelompok studi robotika mewadahi bakat mahasiswa dalam bidang instrumentasi fisika. Sebagai program studi Pendidikan Fisika, keilmuan Fisika menjadi faktor utama yang perlu dikembangkan. Melalui kelompok studi ini, mahasiswa bisa mempraktekan secara lebih mendalam apa yang telah diperoleh melalui matakuliah instrumentasi fisika. Kelompok studi ini rutin menyelenggarakan kegiatan pengembangan robotika, khususya robot yang bisa melakukan pengukuran fisika untuk mendukung Internet of think.

4. Kelompok Studi Desain Komunikasi Visual (KS DKV)

Kelompok studi ini rutin menyelenggarakan kegiatan berupa pelatihan desain, editing video, broadcasting, dll. Yang terbaru kelompok studi ini mencoba melebarkan sayap dengan menyelenggarakan pelatihan pembuatan sebuah sistem informasi. KSDKV berusaha mengasah kemampuan mahasiswa dalam hal kreativitas seni digital. Kemampuan jenis inilah yang dewasa ini banyak dibutuhkan di masyarakat.