Beasiswa

Program beasiswa senantiasa ditawarkan untuk para mahasiswa sebagai bentuk apresiasi dalam hal peningkatan kemampuan akademiknya. Secara umum ada dua jenis beasiswa yang ditawarkan, yaitu Beasiswa Mahasiswa Baru dan Beasiswa Mahasiswa On Going.

================

Beasiswa Mahasiswa Baru merupakan beasiswa bantuan biaya kuliah yang ditujukan untuk calon mahasiswa semenjak awal (masuk skema Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru). Mahasiswa peraih beasiswa ini bebas biaya kuliah sejak semester 1 s.d. semester 8, hanya dikenai biaya registrasi tiap semester (kurang lebih Rp. 300.000). Ragam beasiswa mahasiswa baru antara lain:
1. BPM-KP
BPM-KP (Keluarga Persyarikatan) adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dieruntukan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik, prestasi akademik berupa nilai raport dan nilai UN.

2. BPM-Hafidz
Jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang diperuntukan bagi calon mahasiswa yang mempunyai hafalan Al Qur’an minimal 10 juz, memiliki kemampuan dan semangat belajar tinggi.

3. BPM-SSO
BPM-SSO (Seni, Sains, Olahraga) adalah jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dieruntukan bagi calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik, prestasi pada bidang seni, sains, olahraga.

4. Bidikmisi (KIP Kuliah)
Merupakan beasiswa yang disediakan oleh pemerintah melalui kementerian terkait. Sistem rekruitmen mahasiswa sama seperti aturan yang berlaku. Hingga saat ini belum ada juknis terkait KIP kuliah untuk perguruan tinggi swasta.

Informasi lebih lanjut mengenai beasiswa mahasiswa baru ini bisa diakses pada laman Penerimaan Mahasiswa Baru (http://pmb.uad.ac.id).

================

Beasiswa Mahasiswa On Going adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa karena capaian akademik tertentu. Beberapa beasiswa yang rutin ditawarkan setiap tahun antara lain:

1. Beasiswa Peningkatan Akademik UAD
Untuk memberikan motivasi bagi mahasiswa baru dalam rangka peningkatan prestasi mahasiswa, UAD memberikan beasiswa bagi 15% (sekitar 500 orang) dari mahasiswa baru yang pada semester pertama yang memperoleh indeks prestasi akademik baik (>3,25). Beasiswa UAD terdiri atas dua macam, pertama beasiswa yang disediakan bagi mahasiswa tidak mampu dan kedua adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang berprestasi ditentukan dengan indeks prestasi.

2. Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBBM)
Beasiswa dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan melalui LLDIKTI Wilayah 5 Daerah Istimewa Yogyakarta. Beasiswa BBBM diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik namun berasal dari keluarga kurang mampu.

3. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BPPA)
Beasiswa dari Direktorat Jenderal Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan melalui LLDIKTI Wilayah 5 Daerah Istimewa Yogyakarta. Beasiswa PPA diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik

4. Beasiswa dari Bank Rekanan UAD
Beasiswa dari pihak eksternal juga diberikan oleh Bank-bank yang telah menjalin kemitraan dengan UAD. Bank yang rutin menawarkan beasiswa kepada mahasiswa antara lain, Bank BRI dan Bank Syariah Mandiri. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang memiliki prestasi akademik.

Informasi beasiswa selalu diinformasikan kepada para mahasiswa melalui tata usaha masing-masing fakultas, selain itu juga ditayangkan melalui website Biro Kemahasiswaan dan Alumni (http://bimawa.uad.ac.id).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *