Makalah

PENDIDIKAN FISIKA UAD - admin | 14/05/2012 | 4252 kali dibaca

Makalah Fisika

Ada 7 berkas, ukuran 15,2 MiB dengan 14.959 klik dalam Makalah Fisika.
Tayangan 1 sampai 7 dari 7 berkas.

  Paradigma Mekanika Newtonan Vs Lagrangan: Reduksionisme Vs Holisme
» 3,0 MiB - 1.959 kali diunduh- 16 Mei 2012
Oleh Rachmad Resmiyanto

Setiap sistem mekanik dapat diselesaikan dengan mekanika Newtonan atau Lagrangan. Keduanya didasari oleh suatu cara pandang yang berbeda, bahkan ueit.ua'tit un. cara pandang ini penting untuk diurrgkap sebab akan memberikan pemahaman mendalim bagaimana suatu cara pandang (paradigma) bermain dalam menyelesaikan suatu sister,r fisis. Mekanika Newtonan berpijak pada reduksionisme sedangl lan I-agrangan pada holisme.

Kata kunci: Newtonan, Lagrangan, reduksionisme, holisme

  Pemanfaatan Program Matlab Sebagai Pendukung Penentuan Distribusi Suhu Untuk Konduksi Kalor Dua Dimensi Pada Mata Kuliah Termodinamika
» 241,4 KiB - 0 kali diunduh- 16 Mei 2012
Winarti, Oktova, Ishafit

Abstrak

Dalam makalah ini telah diselesaikan penentuan distribusi suhu pada konduksi kalor untuk konduktor dua dimensi dengan menggunakan metode numerik dengan bantuan program matlab. Objek yang dikaji adalah plat konduktor tipis berbentuk bujur sangkar dengan panjang 10 satuan, dimana suhu pada dua sisi dibuat tetap tidak nol dengan sisi 'x = a dan suhunya Ta= 50 dan sisi y=b dengan suhu Tb=25. Plat dianggap sebagai jaringan kisi (grid points) pada bidang xy yang telah dibagi menjadi sejumlah kisi bujur dengan sisi delta x dan delta y sama. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah matlab 7.01 dan hasilnya akan disajikan dalam grafik tiga dimensi (xy,T). Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh ralat slbesar 0,15% dan dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan distribusi suhu pada konduktor dua dimensi dalam keadaan tunak yang diselesaikan denqan metode numerik tidak ada perbedaan yang berarti dengan metode analitik. Penggunaan Matlab sangat membantu dalam penentuan distribusi suhu untuk konduksi kalor dua dimensi.

Kata Kunci : Distribusi suhu, konduksi kalor' konduktor

  Penentuan Konstanta Planck Menggunakan Perangkat Lunak Physics Education Technology (Phet)
» 236,7 KiB - 8.614 kali diunduh- 16 Mei 2012
Hendro Kusworo, Ishafit, Winarti

ABSTRAK

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat memberikan terobosan baru terhadap metode pengajaran fisika. Salah satunya dengan penggunaan perangkat lunak Physics Education Technology (PheT). Pada peristiwa efek fotolistrik, dimana permukaan sebuah logam ( katoda ) disinari dengan seberkas cahaya ( warna merah, kuning, hijau, biru, dan ungu ) dengan panjang gelombang (λ) sehingga menyebabkan elektron terpental keluar. Laju dan energi kinetik elektron yang terpancar bergantung pada intensitas dan panjang gelombang sumber cahaya. Secara eksperimen, tegangan diperlambat terus diperbesar hingga arusnya nol. Tegangan yang bersangkutan ini disebut potensial henti ( ). Telah dilakukan analisis penentuan nilai konstanta Planck h. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai h = 6,595 x 10sV-34 Js dengan ralat sebesar 0,45 %. Untuk pembelajaran fisika, perangkat lunak tracker dapat mempermudah menganalisis penentuan nilai konstanta planck.

Kata kunci: Perangkat Lunak, PhET, efek fotolistrik, konstanta planck

  Penentuan Suhu Curie Besi dengan Metode Kawat Berarus Listrik
» 4,2 MiB - 1.087 kali diunduh- 16 Mei 2012
Oleh Okimustava, Raden Oktova

Abstrak

Telah dilakukan percobaan untuk menentukan suhu Curie bahan feromagnetik untuk besi, yaitu suhu kritis transisi dari sifat feromagnetik ke paramagnetik. Pengamatan suhu Curie dilakukan dengan cara memanasi sebuah kumparan kawat besi dengan arus listrik, dan pada saat mencapai suhu Curie kawat yang mula-mula menempel pada sebuah magnet permanen akan terlepas dari magnet permanen tersebut. Sebagai sampel digunakan sepuluh kumparan kawat besi dengan panjang bervariasi dari 3,5 m,4 m,4,5 m,5 m,5,5 m,6 m,6,5 m, dan 7 m, 7,5 m, hingga g m. Pengamatan suhu Curie dilakukan dengan mengukur tegangan dan hambatan ketika kumparan terlepas dari magnet permanen. Analisis yang digunakan adalah regresi linier tanpa bobot berdasarkan metode kuadrat terkecil. Suhu Curie yang diperoleh adalah (989 + 184) K, sesuai dengan nilai acuan sebesar 1043 K.

Kata kunci: suhu Curie, bahan feromagnetik, regresi linier.

  Pengembangan E-Laboratory Untuk Praktikum Elektronika Pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan
» 241,4 KiB - 1.831 kali diunduh- 16 Mei 2012
Oleh Nova Amalia Latif, Muchlas dan Ishafit

Abstrak

Praktikum sangat penting dilakukan oleh mahasiswa guna membantu pemahaman teori agar menjadi lebih mudah dan benar. Praktikum akan berjalan dengan baik jika dilakukan di dalam laboratorium yang memadai. Namun pada kenyataannya pengadaan laboratorium yang memadai memerlukan investasi yang mahal. Di sisi lain penggunaan internet sebagai media pendidikan memunculkan e-laboratory yang diharapkan dapat meringankan biaya pengadaan laboratorium yang mahal. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan model e-laboratory untuk praktikum Elektronika II bagi mahasiswa Pendidikan Fisika dan mengetahui apakah dengan e-laboratory yang dibuat mahasiswa dapat melaksanakan praktikum secara mandiri. E-laboratory untuk praktikum elektronika ini dibuat dengan menggunakan CMS sehingga dapat diakses dengan menggunakan jaringan internet dan simulator logika DSCH2, dengan simulator ini dibuatlah IC-IC yang diperlukan untuk praktikum Elektronika II, karena pada simulator ini tersedia fasilitas edit atau penambahan file. Setelah virtual laboratory dibuat, maka dibuat juga managemen praktikum dengan elaboratory ini. E-laboratory yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah e-laboratory dengan bentuk web untuk praktikum Elektronika II yang di dalamnya tersedia fasilitas download simulator (DSCH2) dan modul praktikum. Dari analisis angket evaluasi, e-Laboratory, e-laboratory yang dibuat tergolong cukup baik dan menghasilkan efek pembelajaran praktikan secara mandiri tanpa bantuan asisten.

Kata kunci: laboratorium, e-laboratory, DSCH2.

  Pengukuran Frekuensi Tangga Nada Instrumen Musik dengan Microcomputer Based Laboratory
» 6,8 MiB - 1.085 kali diunduh- 16 Mei 2012
Oleh Ishafit, Khairil Anwar, dan Muh. Toifur

ABSTRAK

Pengukuran frekuensi tangga nada, perbedaan rasio dalam tangga nada, dan pola matematis hubungan tangga nada terhadap frekuensi bunyi dari instrumen musik Keybord Eiektronik (Organ) telah,dilakukan.. Subjek peneliiian ini adalah instrumen musik Organ merk Yamaha PSR-172 dengan spesifikasi bunyi (voice):073-Horn, Trp: Spilit, yang memiliki nilai ketetapan secara intemasional. Data bunyi instrumen musik diukur dengan sistem akuisi data Microcomputer Based Laboratory (MBL) berbasis interface Vernier LabPro dan soJiware LoggerPro 3. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara matematis berdasarkan fungsi dan aigoritma Fast Fourier Transform (FF"f).Hasil pengukuran dengan sistem MBL memberikan tingkat ketelitian yang baik karena nilai frekuensi tangga nada tidak berbeda signifikan terhadap nilai teoritisnya, dengan rata-rata penyimpangan sebesar 0,22 Yo. Dari hubungan tangga nada terhadap frekuensi diperoleh pola hubungan eksponensiai dengan persamaan f :247,24e^{0.0579n}

Kata kunci: pengukuran, nada musik, micocomputer based laboratory

  Teori Moneter Gas Ideal dan Akar Masalah Kesenjangan Distribusi Kekayaan
» 585,4 KiB - 383 kali diunduh- 18 Juli 2014
Distribusi kekayaan merupakan persoalan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sampai saat ini hampir tidak ada negara yang memiliki distribusi kekayaan yang merata. Akar persoalan kesenjangan distribusi kekayaan ini dapat diurai dengan teori moneter gas ideal yang sudah kami bangun sebelumnya. Teori ini dibangun dengan kias perilaku gas ideal dan proses barter. Berdasarkan teori moneter gas ideal, kelompok masyarakat yang menguasai kekayaan ialah kartel perbankan.
Kata-kata kunci: teori moneter gas ideal, distribusi kekayaan




 

Makalah Pendidikan

Ada 2 berkas, ukuran 1,0 MiB dengan 17.754 klik dalam Makalah Pendidikan.
Tayangan 1 sampai 2 dari 2 berkas.

  Model Instrumen Pengukuran Kinerja Untuk Guru-Guru Pascasertifikasi Dengan Scientific And Financial Performance Measure (SFPM)
» 790,3 KiB - 590 kali diunduh- 16 Mei 2012
oleh Rachmad Resmiyanto (Pusat Studi Pendidikan) Wahyu Mar’atus Sholihah (FKIP) Nuriyati (FKIP)

ABSTRAK

Dalam program sertifikasi seorang guru harus memenuhi 10 komponen portofolio untuk dapat lolos sertifikasi. Setelah guru lolos sertifikasi, guru akan mendapat tunjangan profesi. Kinerja guru pascasertifikasi selama ini belum diukur, padahal para guru pascasertifikasi mendapat tunjangan profesi. Model yang diajukan dalam makalah ini merupakan pengembangan Scientific and Financial Performance Measure (SFPM). Model instrumen ini berusaha untuk mengukur kinerja guru pascasertifikasi dengan tetap berpedoman pada komponen portofolio. Untuk melenyapkan unsur subjektivitas selama pengukuran maka model berbasis pada capaian luaran ilmiah guru. Kinerja guru akan dinilai menjadi kinerja ilmiah dan kinerja finansial. Kinerja finansial merupakan konversi ekonomi dari kinerja ilmiah sehingga tunjangan profesi dapat dilihat tingkat manfaatnya dalam peningkatan kinerja guru pascasertifikasi. Dari simulasi model yang dilakukan menunjukkan bahwa guru-guru yang aktif menghasilkan luaran ilmiah akan memiliki angka/indeks kinerja yang baik. Model juga dapat mengakomodasi penggunaan tunjangan profesi untuk kinerja ilmiah. Dalam menghasilkan luaran ilmiah, seorang guru mungkin membutuhkan sejumlah uang atau bahkan tidak sama sekali. Pengukuran yang dilakukan dengan model ini menunjukkan bahwa kinerja ilmiah yang dilakukan oleh guru benar-benar dapat dikonversi nominal uangnya dalam persentase. Oleh karena itu, model ini dapat digunakan oleh pemerintah untuk mengukur kinerja guru pascasertfikasi.

Kata kunci: kinerja guru, SFPM, luaran ilmiah

  Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Animasi Komputer Untuk Sekolah Menengah Atas Pokok Bahasan Hukum Newton Tentang Gerak
» 253,2 KiB - 17.164 kali diunduh- 16 Mei 2012
Arif Rahman Aththibby, dan Ishafit

Abstrak

Telah dilakukan penelitian berupa perancangan media pembelajaran fisika pokok bahasan Hukum Newton tentang gerak, yang dapat dijadikan sebagai bahan belajar bagi siswa. Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran fisika berbasis animasi komputer pokok bahasan Hukum Newton Tentang Gerak untuk siswa SMA kelas X dengan menggunakan software Macromedia Flash 8. Media disusun dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Program diuji oleh pakar bidang studi Fisika dan pakar media untuk mengetahui tingkat kelayakan media (program) berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan, untuk kriteria tampilan program termasuk dalam kategori baik, kesesuaian program terhadap bahan ajar Fisika pokok bahasan Hukum Newton tentang gerak dalam kategori baik, dan kriteria kualitas teknisnya juga temasuk dalam kategori baik . Pengguna dapat memilih menu (form) berupa petunjuk, pengantar, materi, laihan soal, evaluasi, sumber dan penyusun. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak dijadikan sebagi media pembelajaran dan dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran Fisika pokok bahasan Hukum Newton tentang Gerak untuk SMA kelas X.

Kata Kunci: Perancangan, Media Pembelajaran, Animasi Komputer, Hukum Newton.

Tanggapan

Belum ada tanggapan

Tinggalkan balasan

Nama *

Surel *

Laman