Pengembangan Instrumen Evaluasi Pembelajaran untuk Guru

Dalam rangka melaksanakan salah satu tugas tridharma perguruan tinggu, Program Studi Pendidikan Fisika melaksanakan pelatihan Pengembangan Evaluasi Pembelajaran IPA Berbasis Keterampilan Proses pada tanggal 17-18 Mei 2017. Kegiatan ini diikuti oleh Guru IPA SMP Muhammadiyah/Aisyiyah se-kabupaten Bantul. Terselenggaranya kegiatan ini atas kerjasama Universitas Ahmad Dahlan dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Bantul. Bertindak sebagai fasilitator pelatihan tersebut yaitu Nanang Suwondo, M.Pd.Si., Dian Artha K, M.Pd.Si., dan Fajar Fitri, M.Pd.Si.

Kegiatan yang bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul ini di buka oleh Kaprodi Pendidikan Fisika, Dian Artha K, M.Pd.Si sekaligus pengusung program pengabdian. Dalam sambutannya, Dian menyampaikan bahwa Pembelajaran Berbasis Keterampilan Proses ini sangat penting untuk di aplikasikan pada kurikulum 2013, untuk mengimplementasikannya diperlukan serangkaian instrumen salah satunya adalah instrumen evaluasi pembelajaran yang sesuai untuk pembelajaran keterampilan proses. “untuk melakukan pembelajaran berbasis keterampilan proses, kita perlu menyiapkan instrumen salah satunya instrumen evaluasi yang sesuai” ungkap Dian.

Salah satu materi baru yang diperoleh guru adalah pengenalan Arduino sebagai pendukung pembelajaran berbasis keterampilan proses. Dalam pelatihan tersebut, diterjunkan pula Mahasiswa Tim Asisten Laboratorium Teknologi Pembelajaran Sains (LTPS) FKIP UAD, untuk ikut mendampingi peserta. Pelatihan yang berlangsung selama 2 (dua) hari ini mendapat sambutan yang cukup antusias dari peserta.(Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *