Pendidikan Fisika UAD Raih Akreditasi A

Akreditasi pelaksanaan pendidikan merupakan keharusan bagi program studi di perguruan tinggi, termasuk Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan sebagai wujud komitmennya terhadap mutu pendidikan. Proses asesmen lapangan telah dilakukan oleh tim Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tanggal 22 s.d. 24 April 2017 yang lalu.

Setelah melalui perjuangan panjang dalam menyiapkan rangkaian proses akreditasi, akhirnya Program Studi Pendidikan Fisika S1 UAD dinyatakan sebagai Program Studi dengan kategori “unggul” dengan Akreditasi “A”. Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) dari BAN-PT Nomor: 2482/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017 Tentang Status Akreditasi dan Peringkat Terakreditasi Program Studi Pendidikan Fisika Pada Program Sarjana Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Seusai menerima SK BAN-PT, Dian Artha, M.Pd.Si, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Fisika, menyatakan bahwa capaian ini adalah hasil kerja keras dan kerjasama dari seluruh sivitas akademik di lingkungan Program Studi Pendidikan Fisika tentunya atas dukungan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan dan juga pihak Universitas Ahmad Dahlan. “Capaian ini merupakan kerja keras dan dukungan dari seluruh pihak dari Rektorat, Fakultas, Ketua Biro dan Lembaga, Dosen Pendidikan Fisika, Tenaga Kependidikan dan juga Mahasiswa Pendidikan Fisika, beserta Alumni”.

Salah satu Dosen Senior dan pendiri Program Studi Pendidikan Fisika, Drs. Ishafit, M.Si menyampaikan rasa syukur yang dalam setelah berjuang untuk program studi ini selama 32 tahun, akhirnya tercapai akreditasi A. “Setelah 32 tahun berjuang, InsyaAllah membawa keberkahan untuk semua pihak”.

Keunggulan-keunggulan program studi ini akan terus dijaga bahkan ditingkatkan terutama dalam prestasi mahasiswa dan kreatifitas program unggulan seperti KKN Internasional. Seminar Quantum, Festival Fisika, dan berbagai Perlombaan lain seperti Roket Air serta bentuk pengabdian kepada masyarakat dari Program Studi ini akan terus diupayakan untuk bersinergi dengan berbagai pihak, tentunya kebermanfaatan Laboratorium unggulan Program Studi Pendidikan Fisika. “Laboratorium Teknologi Pembelajaran Sains (LTPS) yang menjadi penciri keunggulan Program Studi Pendidikan Fisika akan terus dioptimalkan kegunaan dan pelayanannya”. demikian ungkap Kepala LTPS, Eko Nursulistiyo, M.Pd.

Dengan capaian ini diharapkan bisa membawa dunia Pendidikan Indonesia semakin berkemajuan.(Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *