Kami Siap Cetak Peneliti Di Bidang Evaluasi Pendidikan

Yogyakarta. Penelitian dalam bidang pendidikan fisika di FKIP UAD, didominasi oleh penelitian pengembangan dan eksperimen. Skim penelitian evaluasi pendidikan masih minim diambil oleh mahasiswa. Dalam rangka memfasilitasi hal tersebut, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UAD menyelenggarakan Kuliah Umum bersama Dr. Dadan Rosana, M.Si, Pakar Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 4 Maret 2017 bertempat di Auditorium Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan. Peserta kegiatan tersebut adalah seluruh mahasiswa prodi pendidikan fisika, sejumlah 230 mahasiswa.
Dadan menyampaikan bahwa setiap individu memiliki potensi menjadi seorang peneliti, ada 4 hal dari setiap individu dalam mengetahui sesuatu, yang dikenal dengan Johari Window. Yaitu saya tahu anda tahu, saya tahu anda tidak tahu, saya tidak tau anda tahu, dan saya tidak tahu anda tidak tahu. Tentang Hal-hal yang belum diketahui inilah yang menjadi motivasi seorang peneliti untuk meneliti. “saya tau, anda tahu, contohnya kita semua tahu jika pak eko sebagai moderator ini ganteng”, candanya dalam memberikan contoh.
Dadan juga menyampaikan bahwa sangat banyak metode penelitian evaluasi pendidikan. “Banyak hal yang bisa anda teliti, misal menggunakan analisis butir soal. Anda bisa meneliti bagaimana kualitas soal fisika pada ujian akhir di sekolah tertentu”,  Jelasnya Dadan. (Ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *