National Instruments (NI) adakan Diseminasi di P. Fis

NINational Istruments (NI) merupakan perusahaan kelas Internasional yang mengembangkan peralatan dibidang instrumentasi. Hampir semua perusahaan, baik swasta maupun milik pemerintahan di dunia menggunakan produk dari NI. NI berusaha meng-cover kebutuhan instrumentasi setiap perusahaan. Selain itu NI juga mengembangkan perangkat yang bisa diaplikasikan ke pendidikan, mulai pendidikan dasar sampai perguruan tinggi. Produk yang paling terkenal dikalangan pendidikan menengah adalah “NI for Education”.

Belum banyak instansi pendidikan di Indonesia yang menggunakan produk dari NI, di Jogja saja yang sudah menggunakan baru UGM, Sanata Sharma, UMY, dan yang terakhir melakukan kerjasama adalah UAD, khususnya prodi Pendidikan Fisika. P. Fisika  baru-baru ini mendatangkan beberapa produk NI beserta software LabView. Hal yang akan dikembangkan dengan peralatan super canggih ini adalah Reeemote Laboratory. Sebuh laboratorium yang memungkinkan diakses oleh siapapun, dari manapun, dan kapanpun yang tergabung dalam satu jaringan.

Rencana jangka panjang adalah mengembangkan laboratorium di sekolah-sekolah yang bernaung di bawah payung Muhammadiyah. Sehingga dengan Reeemote Laboratory ini siswa bisa melakukan percobaan/praktikum walau tidak mempunyai alat, semua peralatan ada di UAD dan bisa diakses oleh sekolah masing-masing.

Dalam waktu dekat ini, sebagai kompensasi kerjasama, pihak NI akan mengadakan pelatihan untuk penggunaan peralatan NI di UAD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *